Termasuk Malaysia, Ini 3 Tim ASEAN yang Pernah Buat Kejutan di Sejarah Asian Games

Cabang sepak bola Asian Games 2018 hanya diikuti oleh 25 tim peserta, yang dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup terdiri dari empat tim, kecuali Grup A yang beranggotakan lima tim, yang mana di dalamnya juga ada nama timnas Indonesia U-23.

Seperti sebelumnya, banyak terjadi kejutan pada gelaran Asian Games 2018 ini. Salah satu kejutannya adalah saat Malaysia berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1 di Grup E.

Selain Malaysia, masih ada tim Asia Tenggara (ASEAN) lainnya yang pernah buat kejutan di sepanjang sejarah Asian Games. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Vietnam Gulingkan Iran – Tim pertama yang buat kejutan adalah timnas Vietnam U-23 pada gelaran Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Pada edisi itu, Vietnam sempat membuat kejutan dengan membantai timnas Iran U-23 dengan skor telak 4-1 di Ansan Wa, Ansan, Korea Selatan. Namun sayang, pada Asian Games 2014, langkah timnas Vietnam U-23 harus terhenti di babak 16 besar, setelah dikalahkan Uni Emirat Arab dengan skor 1-3.

Thailand Kalahkan China dan Masuk ke Semi-Final – Masih di Asian Games 2014, kali ini timnas Thailand U-23 yang membuat kejutan. Di babak 16 besar, mereka berhasil mengalahkan tim raksasa, China dengan skor 2-0. Kemenangan itu membuat mereka melaju ke babak 8 besar, dan pada babak tersebut, mereka berhasil mengalahkan Yordania dengan skor 2-0.

Lolos ke semi-final, Thailand ditakdirkan bertemu dengan timnas Korea Selatan U-23, dan mereka harus menelan kekalahan dengan skor 2-0. Di perebutan medali perunggu, timnas Thailand U-23 kembali menelan kekalahan, kali ini dari timnas Irak U-23 dengan skor tipis 0-1.

Malaysia Tumbangkan Juara Bertahan Korea Selatan – Terakhir, timnas Malaysia U-23 berhasil mengalahkan Korea Selatan U-23 dengan skor 2-1 di pertandingan Grup E Asian Games 2018, Jakarta-Palembang, Indonesia.

Kemenangan ini terasa spesial, mengingat Korea Selatan berstatus sebagai juara bertahan Asian Games. Selain itu, pada edisi kali ini Korea Selatan juga diperkuat oleh bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply