Prediksi PSMS Medan vs Persija Jakarta

Prediksi PSMS Medan vs Persija Jakarta

Duel PSMS Medan kontra Persija Jakarta pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2018 diprediksi bakal berjalan sengit. Kedua tim kemungkinan akan bermain ngotot dan beradu kecepatan di sepanjang laga.

PSMS dan Persija pernah bersaing di era perserikatan. Namun, tidak pernah lagi bertemu sejak 2012 silam lantaran Ayam Kinantan terdegradasi.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Liga Super Indonesia (ISL) 2012. Kala itu PSMS ditahan imbang 3-3 di Medan, namun harus menyerah 0-1 dari Persija kala bertandang ke Jakarta.

Di akhir kompetisi ISL 2012, PSMS terdegradasi dari kasta tertinggi kompetisi Tanah Air dan baru kembali ke habitatnya pada musim 2018 mendatang.

Kali ini, kedua tim bakal bersua di turnamen pramusim. Meski berstatus sebagai tim promosi, namun PSMS mampu menunjukkan kualitas yang tak kalah dari tim-tim elite Liga 1.

Kemenangan yang diraih PSMS atas PSM Makassar dan Persib Bandung di fase penyisihan grup sontak mengejutkan banyak pihak. Kecepatan pemain muda PSMS macam Frets Butuan, Antonio Putro Nugroho, dan Sadney Urikhob mampu menghadirkan ancaman di lini pertahanan lawan.

Penampilan fantastis Abdul Rohim di bawah mistar gawang pun jadi kekuatan tersendiri. Kiper 26 tahun itu menjadi pahlawan kemenangan PSMS atas Persebaya Surabaya di perempat final. Abdul Rohim mampu mementahkan tiga tembakan penalti Bajul Ijo pada babak adu penalti.

Keberadaan pemain veteran, Legimim Raharjo, di lini tengah juga berhasil mendongkrak mental para pemain muda. Meski berstatus sebagai tim promosi, namun kolektivitas tim dan daya juang anak-anak Medan bisa jadi senjata mematikan bagi Persija.

Kendati demikian, Persija tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Tim berjuluk Macan Kemayoran saat ini semakin matang. Duet Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak di sektor sayap acapkali merepotkan pertahanan lawan.

Keputusan manajemen Macan Kemayoran untuk merekrut Marko Simic patut diacungi jempol. Bomber asal Kroasia tersebut tampil impresif di sepanjang turnamen pramusim yang dilakoni Persija.

Sejauh ini Simic sukses mendulang delapan gol di semua ajang pramusim yang diikuti Persija. Tiga gol di antaranya ditorehkan di turnamen mini di Malaysia, sementara lima gol lainnya dikemas di Piala Presiden.

Sejauh ini ‘Super Simic’ jadi pembelian tersukses Persija. Ketajamannya di lini depan kerap jadi pembeda. Terakhir, sepasang gol Simic ke gawang Mitra Kukar di laga perempat final sukses mengantar tim Ibu Kota menang 3-1 sekaligus memastikan satu tiket ke semifinal.

Kehadiran striker anyar Addison Alves yang diplot menggantikan Ivan Carlos yang diklaim menderita cedera panjang, bisa menjadi alternatif pilihan di lini depan. Apalagi Alves sudah kenyang pengalaman tampil di Liga Indonesia bersama Persipura Jayapura.

Hanya saja, konsentrasi Persija di turnamen pramusim terpecah karena harus tampil di kompetisi kasta kedua Asia, Piala AFC. Setelah menjalani dua laga semifinal kontra PSMS pada 10 dan 12 Februari, Persija harus fokus menghadapi Johor Darul Ta’zim pada laga perdana penyisihan grup yang digelar di Malaysia, 14 Februari mendatang.

Pelatih Persija Stefano Cugurra kemungkinan tidak akan menurunkan seluruh pemain terbaiknya, terutama di leg kedua semifinal, demi menjaga kebugaran pemain di Piala AFC.

Situasi jadwal padat yang dialami Persija bisa jadi celah bagi PSMS. Menarik dinanti apakah Persija yang memiliki skuat lebih dalam, mampu mengatasi permainan cepat dan ngotot dari PSMS kala kedua tim bersua di Stadion Manahan Solo, Sabtu (10/2) malam.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply