Dirtek PSSI: Timnas Indonesia vs Islandia Bukan Laga Bisnis

Dirtek PSSI: Timnas Indonesia vs Islandia Bukan Laga Bisnis

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, menegaskan laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia yang rencananya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/1), bukan sebuah bisnis hiburan.

Kritikan laga Timnas Indonesia vs Islandia dikeluarkan Save Our Soccer (SOS) yang menilai pertandingan tersebut bukanlah sebuah laga uji coba, melainkan sekadar bisnis hiburan semata.

Salah satu alasan kritik tersebut adalah pertandingan Timnas Indonesia vs Islandia tidak teragenda dalam kalender FIFA, dan para skuat Merah Putih tidak memanfaatkan waktu jeda kompetisi dengan produktif.

“Kalau saya bilang, tidak [setuju bisnis hiburan]. Ini bagus untuk Timnas Indonesia U-23 lawan tim yang cukup baik, meskipun bukan tim utamanya. Kita tahu hasil yang cukup bagus diraih Islandia salah satunya mengalahkan Inggris,” kata Danur kepada CNNIndonesia.com, Senin (8/1).

Pihak SOS juga mengkritik persiapan Timnas Indonesia jelang melawan Islandia. Pasalnya, tim asuhan Luis Milla itu baru akan berkumpul pada 12 Januari, dua hari sebelum pertandingan melawan Islandia.

“Untuk [persiapan] Timnas Indonesia U-23 sendiri, kalau menurut saya juga cukup bagus. Menurut saya, sekarang ini Timnas Indonesia U-23 harus dipersiapkan dengan baik untuk Asian Games. Dengan bertanding lawan timnas Islandia, kita bisa lihat kelebihan dan kekurangan yang ada di Timnas U-23 untuk mendatang,” ucap Danurwindo.

Terakhir, Danurwindo merespons kritikan pihak SOS terkait skuat timnas Islandia yang datang ke Indonesia. Skuat Islandia yang akan menghadapi Timnas Indonesia bukanlah skuat utama yang mengantarkan tim berjuluk Strakarnir Okkar itu lolos ke Piala Dunia 2018.

Dengan kompetisi Eropa yang masih berjalan dan pertandingan digelar di luar kalender FIFA, timnas Islandia hanya mengirim tim pelapis untuk menghadapi Timnas Indonesia.

“Saya tidak bilang yang kami lawan itu timnas Islandia kelas C. Yang saya tahu memang [Timnas Islandia] sekarang ini yang dipersiapkan untuk ke sana [Piala Dunia], untuk seleksi,” ucap Danur.

“Ini bukan tim utama, tetapi Islandia lolos. Kalau lolos, artinya punya latar belakang kuat di pengembangan. Artinya pemain-pemain muda [Islandia] ini datang dari negara yang mempunyai pengembangan sepak bola yang baik,” sambung Danurwindo.

Timnas Islandia akan menjalani dua pertandingan selama di Indonesia. Sebelum lawan Timnas Indonesia U-23, mereka akan melawan tim Indonesia Selection yang diarsiteki Robert Rene Alberts di Stadion Maguwoharjo pada 11 Januari mendatang.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply