Indonesia Dinilai Belum Siap Mendatangkan Marquee Player

Indonesia Dinilai Belum Siap Mendatangkan Marquee Player

Pelatih Barito Putera, Jacksen Tiago, terkesan dengan hadirnya sejumlah nama-nama pemain asing yang berstatus marquee player di Liga 1 musim lalu. Namun, pria asal Brasil itu mengaku infrastruktur di Indonesia belum siap untuk menyambut para pemain tersebut.

Marquee player adalah sebutan untuk pemain yang memiliki gaji di atas atau di luar batasan gaji (salary cap). Mengacu pada regulasi dan manual Liga 1 2017, seorang marquee player yang direkrut klub Indonesia harus termasuk dalam skuat tim nasional di 3 putaran final Piala Dunia terakhir dan juga bermain di liga elit Eropa dalam kurun delapan musim terakhir.

Seperti diketahui, Liga 1 2017 diramaikan 15 pemain asing yang berstatus sebagai marquee player. Di antara pemain-pemain tersebut, ada beberapa nama tenar seperti Michael Essien, mantan pemain Chelsea, yang pernah bermain untuk Persib Bandung dan Peter Odemwingie, mantan pemain West Bromwich Albion, yang bergabung dengan Madura United.

Namun, Jacksen sangat menyayangkan penampilan Michael Essien di Persib yang tak secemerlang dengan kariernya di Chelsea. Jacksen menilai, hal itu bukan semata-mata karena kesalahan Essien.

“Indonesia itu belum siap untuk menghadirkan pemain-pemain berstatus marquee player. Infrastruktur di ini belum siap sehingga para pemain-pemain yang sebelumnya memiliki nama besar bersama klub Eropa gagal memberikan penampilan terbaiknya,” kata Jacksen kepada wartawan di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

“Mungkin kalian melihat penampilan Essien begitu buruk bersama Persib dan berbeda dengan ketika dia di Chelsea. Ya semua itu mungkin karena banyak faktor seperti lapangannya. Kalau saja Essien sekarang bermain lagi di Chelsea, pastinya penampilannya tak seperti itu,” ucap Jacksen.

Michael Essien musim lalu bermain selama 2039 menit dalam 29 pertandingan untuk Persib Bandung. Pemain asal Ghana itu tercatat sukses mencetak lima gol.

Meski begitu, tak semua pemain dengan status marquee player gagal di Liga 1. Penyerang Madura United, Peter Odemwingie, mencetak 15 gol dalam 23 pertandingan bersama Laskar Sape Kerrab.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply