‘Wayne Rooney Layak Dicintai Seperti Francesco Totti’

‘Wayne Rooney Layak Dicintai Seperti Francesco Totti’

Mantan pelatih Timnas Ingggris Sven-Goran Eriksson menilai sosok Wayne Rooney pantas dihormati layaknya Francesco Totti di Italia. Kedua pemain ini telah memberikan kontribusi penting baik di level klub maupun timnas.

Rooney memutuskan pensiun dari Timnas Inggris dengan koleksi 53 gol dalam 119 penampilan. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di skuat The Three Lions.

Ia memilih untuk kembali ke klub profesional pertamanya, Everton, setelah hanya berstatus pemain pelapis di Manchester United.

Rooney mengumumkan untuk gantung sepatu dari ‘Union Jack’ pada 22 Agustus 2017. Padahal, manajer Inggris Gareth Southgate berniat memanggil Rooney ke dalam skuatnya di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Eriksson yang pernah menangani timnas Inggris pada periode 2001-2006 menilai bahwa Rooney pantas dicintai dan dihormati layaknya seorang Totti di Italia.

Akan tetapi, Rooney justru kerap mendapat cibiran dari suporter Inggris ketika penampilannya mulai menurun, baik ketika di MU maupun saat berseragam timnas.

“Perlakuan terhadap Wayne Rooney menunjukkan kepada saya tentang bagaimana para fan Inggris memandang tim nasional mereka,” kata Eriksson dalam tulisannya di Daily Mail.

“Ia adalah pencetak rekor gol terbanyak untuk Manchester United dan timnas Inggris. Anda tidak bisa membantah hal tersebut.”

“Andai Rooney orang Italia, dia pasti dicintai seperti Francesco Totti di Roma. Anda juga tidak akan mengkritik Totti di timnas Italia. Terkadang, mungkin ada alasan untuk itu (mengkritik Totti), tapi Anda tidak akan melakukannya.”

Inggris memang sudah memastikan satu tiket ke putaran final Piala Dunia di Rusia dengan rekor tak terkalahkan di babak kualifikasi. Langkah mulus ini dilewati Inggris tanpa seorang Rooney.

Meski demikian, Eriksson geram dengan sikap fan Inggris yang tidak menghargai pemain besar yang sejatinya pantas dijadikan legenda.

Apakah dia (Rooney) dihargai karena pemain timnas Inggris? Mungkin tidak.”

“Anda bisa melihat bagaimana beberapa pemain besar Inggris di masa lalu seperti Rooney dan David Beckham yang telah dihujani kritik. Dan, Anda harus bertanya: Apa yang Anda inginkan dari pemain ini?”

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply