Roma Libas Milan 4-1 dan Kembali ke Posisi Dua

Roma Libas Milan 4-1 dan Kembali ke Posisi Dua

AS Roma berhasil mengalahkan AC Milan 4-1 di depan publik Rossoneri. Roma yang tampil dominan selalu terlihat lebih berbahaya ketika menyerang.

Bermain di San Siro, Senin (8/5/2017) dinihari WIB, Milan memainkan skema tiga penyerang. Suso dan Gerard Deulofeu bergerak melalui sisi lapangan untuk membantu Gianluca Lapadula selaku target-man.

Sementara itu, Roma bermain dengan skema yang tak jauh berbeda. Meski Luciano Spalletti menerapkan formasi 4-2-3-1, pada prakteknya skema itu menunjukan bahawa Giallorossi bermain dengan tiga penyerang.

Diego Perotti dan Mohamed Salah sangat aktif memainkan perannya di sisi lapangan, mengapit Edin Dzeko yang jadi target man. Dzeko pula yang membuka keunggulan Roma di menit ke-8, kemudian menggandakannya di menit ke-28.

Di babak kedua, Milan sempat meningkatkan intensitas dan memperkecil ketertinggalan lewat Mario Pasalic. Alih-alih membalikkan kedudukan, Diavolo Rosso justru kebobolan dua gol lewat Stephan El Shaarawy dan Daniele De Rossi.

Hasil ini membuat Roma kembali menempati posisi dua klasemen dengan nilai 78 dari 35 laga, melewati Napoli dengan jarak satu poin. Milan sementara itu ada di posisi enam dengan 59 angka.

Jalannya Pertandingan

Meski bermain di kandang lawan, Roma mampu mengambil kendali permainan sejak awal. Alhasil, Giallorossi berhasil unggul lebih dulu di menit ke-8.

Mohamed Salah, yang berhasil merebut penguasaan bola di wilayah sepertiga pertahanan Milan melepaskan umpan pendek ke Edin Dzeko. Striker asal Bosnia Herzegovina itupun tanpa kontrol lama mengembalikan bola ke Salah dan melakukan umpan satu-dua.

Menerima pengembalian umpan dari Salah di kotak penalti, Dzeko langsung melepaskan sepakan keras ke arah gawang Gianluigi Donnarumma. Bola tak mampu dibendung dan mengubah skor menjadi 1-0 di menit kedelapan.

Tertinggal satu gol Milan bereaksi. Anak asuh Vincenzo Montella mulai menekan lewat sisi tengah lapangan. Akan tetapi, upaya mereka kerap gagal menembus barisan pertahanan Roma.

Peluang bagus Milan baru didapat pada menit ke-23. Gelandang Jose Sosa melepas tendangan keras dari luar kotak penalti, namun bola hasil sepakannya masih dapat ditepis Wojciech Szczesny.

Alih-alih menyamakan skor, Rossoneri justru kebobolan lagi. Dzeko kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah merobek gawang Donnarumma lewat tandukan kepala, hasil umpan sepak pojok Leandro Paredes di menit ke-28. 2-0 Roma memimpin hingga turun minum.

Di awal-awal babak kedua Milan bisa mendominasi permainan. Namun, mereka baru bisa mengancam gawang Roma lewat bola-bola mati. Kesempatan terbaik datang di menit ke-53 lewat tendangan bebas Sosa. Akan tetapi, bola hasil sepakannya terlambat disambut rekannya.

Kesempatan Milan selanjutnya datang di menit ke-67. Bertolacci melepas tembakan dari luar kotak penalti, namun bola hasil tendangannya sedikit melenceng dari gawang Szczesny.

Upaya Milan untuk memperkecil skor menjadi 1-2 baru tercipta di menit ke-76. Kali ini upaya dari bola mati berhasil menjadi gol, setelah umpan dari sepak pojok Sosa berhasil ditanduk Lucas Ocampos, yang kemudian diteruskan dengan sundulan Mario Pasalic ke dalam gawang Roma.

Sial bagi Milan. Tak lama setelah memperkecil ketertinggalan mereka justru kembali kebobolan di menit ke-78. Kali ini Stephan El Shaarawy yang mencantumkan namanya di papan skor. Bola hasil sepakan kaki kanan mantan pemain Rossoneri itu mengarah ke kiri gawang Donnarumma. 3-1 Roma memimpin.

Milan kembali coba memperkecil skor. Gerard Deulofei menerobos ke sisi kanan kotak penalti sebelum melepas umpan tarik ke mulut gawang. Namun, umpan mantan pemain Barcelona itu lebih dulu dipotong Szczesny.

Kesialan Milan berlanjut di menit ke-87. Roma mendapat hadiah penalti setelah Gabriel Paletta dianggap menjatuhkan Salah di kotak terlarang, yang kemudian diganjar kartu merah langsung.

Daniele De Rossi selaku eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dia menempatkan bola ke sisi kanan Donnarumma untuk mengubah skor menjadi 4-1, yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain:

AC Milan: Gianluigi Donnarumma; Mattia De Sciglio, Gabriel Paletta, Cristian Zapata, Leonel Vangioni (Lucas Ocampos 69′); Mario Pasalic, Jose Sosa (Gustavo Gomez 88′), Matias Fernandez (Andrea Bertolacci 46′); Suso, Gianluca Lapadula, Gerard Deulofeu.

AS Roma: Wojciech Szczesny; Juan Jesus, Federico Fazio, Konstantinos Manolas, Emerson; Daniele De Rossi, Leandro Daniel Paredes; Diego Perotti (Stephan El Shaarawy 60′), Radja Nainggolan (Clement Grenier72′), Mohamed Salah; Edin Dzeko (Bruno Peres 84′).

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply