Belanda Takluk di Tangan Bulgaria

Belanda Takluk di Tangan Bulgaria

Belanda gagal memperbaiki posisinya di klasemen Grup A usai tumbang di markas Bulgaria. Belanda kalah 0-2 dari Bulgaria dan kian terjepit.

Dalam pertandingan di Vasil Levski Stadium, Sofia, Bulgaria, Minggu (26/3/2017) dinihari WIB, pelatih Belanda Danny Blind melakukan banyak perubahan dalam susunan pemainnya. Di lini belakang, Blind memberi kesempatan kepada bek berusia 17 tahun, Matthijs de Ligt, untuk melakukan debut.

Kevin Strootman jadi starter dan Wesley Sneijder dicadangkan. Sementara di lini depan, dengan cederanya Vincent Janssen, Blind memilih Bas Dost.

Tapi debut De Ligt tak berjalan mulus. Dia tak mampu mengatasi umpan panjang Simeon Slavchev dan bola disambar oleh Spas Delev. Delev kemudian mengecoh Jeroen Zoet untuk membawa Bulgaria unggul saat laga baru berjalan lima menit.

Start gemilang Bulgaria berlanjut. Di menit ke-20, tuan rumah menggandakan keunggulannya. Delev kembali mencatatkan namanya di papan skor, kali ini lewat tembakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Belanda.

Belanda sendiri kesulitan membangun serangan. Baru di menit ke-43, Belanda mendapatkan peluang bagus untuk menipiskan skor. Berawal dari serangan balik, Davy Klaassen kemudian melepaskan umpan tarik yang mengarah ke Bas Dost.

Tapi Dost tak mampu memaksimalkan peluang emas tersebut. Tendangan first-time dari jarak dekat justru melebar dari gawang.

Memasuki babak kedua, Belanda melakukan dua perubahan sekaligus dengan memasukkan Wesley Hoedt dan Wesley Sneijder. Sementara De Ligt dan Georginio Wijnaldum ditarik keluar.

Pergantian tersebut membawa perubahan pada permainan Belanda. Tim tamu mulai menguasai permainan dan menciptakan sejumlah peluang.

Peluang terbaik didapat Klaassen yang menerima bola dari Dost. Tapi tendangan first-time Klaassen digagalkan oleh Nikolay Mihaylov.

Penampilan disiplin dari Bulgaria membuat Belanda frustrasi. Sampai pertandingan usai, Belanda tak mampu mencetak gol balasan.

Kekalahan ini membuat Belanda turun ke peringkat empat klasemen Grup A dengan tujuh poin dari lima pertandingan. Sementara itu, Bulgaria menjaga asanya untuk lolos ke putaran final setelah naik ke posisi tiga dengan sembilan angka.

Susunan Pemain

Bulgaria: Mihaylov; Popov, Chorbadzhiyski, Bozhikov, Zanev (Nedyalkov 86′); Manolev, Kostadinov, Slavchev, Popov (Kraev 68′), Tonev; Delev (Bodurov 89′)

Belanda: Zoet; Karsdorp, De Ligt (Hoedt 46′), Martins Indi, Blind; Wijnaldum (Sneijder 46′), Klaassen, Strootman; Robben, Promes (de Jong 69′), Dost

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply