Naturalisasi Sebatas Program Jangka Pendek PSSI

Naturalisasi Sebatas Program Jangka Pendek PSSI

Demi menuntaskan target menjadi juara di SEA Games 2017 Malaysia, PSSI dan pemerintah sepakat untuk mencari pemain Indonesia yang ada di luar negeri. Naturalisasi jadi salah satu program jangkan pendek yang ditempuh.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menjelaskan, target jangka pendek yang harus dipenuhi adalah juara SEA Games 2017 yang dimulai Agustus mendatang.

“Di SEA Games kita harus ambil juara. Kami prioritaskan cari pemain lokal, kalau tidak cukup baru cari naturalisasi berdarah Indonesia,” kata Edy usai Rapat Terbatas mengenai Percepatan Pembangunan Sepak Bola Nasional di Istana Negara, Selasa (24/1).

Edy menyebut banyak pemain Indonesia yang tercecer di luar negeri. Salah satunya Ezra Walian, pemain berdarah Belanda-Manado yang saat ini proses naturalisasinya sudah direstui Presiden Joko Widodo dan tinggal menunggu legalitas dari DPR.

Selain Ezra, masih banyak pemain lain yang menurut Edy akan diketuk nasionalismenya untuk bisa berseragam Merah Putih di berbagai ajang kompetisi dan multievent yang diikuti Indonesia ke depannya.

“Mudah-mudahan balik (ke Indonesia),” harapnya. “Kami akan lihat yang lokal dulu, baru cari (pemain) luar,” sebutnya.

Senada, Menpora Imam menjelaskan pihaknya akan berkomunijasi dengan Kementerian Luar Negeri agar mau memanfaatkan potensi kedutaan untuk melihat seberapa banyak warga negara Indonesia yang menjadi pesepak bola di sana.

“Kami belum dapat data itu, tapi di Timur Tengah, Eropa bahkan di Amerika banyak teman-teman anak kita di sana. Kami sedang komunikasikan dengan Kemenlu,” jelas Imam.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menambahkan, pemerintah harus mendukung PSSI untuk bisa menjadi sebuah organisasi yang bisa mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply