Neville: Pembuktian Mourinho dalam Kemenangan MU di Markas West Ham

Neville: Pembuktian Mourinho dalam Kemenangan MU di Markas West Ham

Kemenangan Manchester United di markas West Ham United disebut sebagai bukti dari masih jeli dan cerdiknya Jose Mourinho dalam meracik taktik. Begitu ulasan Gary Neville.

Neville, yang dulu menghabiskan karier bermainnya untuk MU dan kini menjadi analis sepakbola, menilai bahwa kemenangan dengan skor 2-0 di markas West Ham tersebut tidak lepas dari strategi di babak kedua.

Dalam pertandingan tersebut MU sudah unggul jumlah pemain sejak menit ke-15 akibat dikartumerahnya Sofiane Feghouli tapi tak kunjung mampu memaksimalkan hal tersebut sepanjang babak pertama.

Di awal babak kedua Mourinho langsung memasukkan Juan Mata untuk menggantikan bek Matteo Darmian, lalu menyusul Marcus Rashford menggantikan Jesse Lingard di menit ke-58. Tiga menit kemudian keduanya berkombinasi bikin gol.

Berawal dari bola umpan lambung Michael Carrick ke area sayap kiri, Rashford kemudian menggiring bola ke depan seraya menarik perhatian dua pemain lawan. Ia pada akhirnya memberi umpan tarik ke depan gawang untuk dituntaskan Mata menjadi gol pertama The Red Devils.

Sekitar 2-3 bulan lalu ia (Mourinho) dituding sudah kehilangan daya magisnya, tak mampu lagi memberikan pengaruh ke pertandingan, tapi hari ini ia sudah melakukannya dengan luar biasa hari ini,” kata Neville di Sky Sports.

“Ia merupakan seorang manajer hebat. Caranya memaksimalkan Rashford adalah hal terbaik. Ia (Mourinho) memasangnya di posisi melebar dan itu benar-benar memberikan masalah besar buat lawan. Adalah sebuah aturan klasik bahwa jika Anda menghadapi 10 pemain lawan maka Anda harus membuat lapangan terasa selebar mungkin, dan Lingard dan (Henrikh) Mkhitaryan membuatnya jadi terlalu sempit dan dalam.

“Tapi secara khusus ketika Rashford masuk, ia benar-benar menjaga lebar lapangan di posisi jauh ke depan dan membuat lawan kesulitan. Pengaruhnya di laga ini benar-benar besar. Ia menciptakan banyak peluang buat United, ia menghadirkan momen terbaik di pertandingan dalam umpan tarik kepada Mata dan saya pikir pergantiannya hari ini benar-benar signifikan.

“Caranya (Mourinho) menempatkan Michael Carrick di barisan pertahanan juga berkontribusi pada gol pertama tersebut, berkat operannya (Carrick) ke posisi (Rashford) di sisi lebar lapangan,” bebernya.

Satu pergantian lain dilakukan Mourinho dua menit setelah unggul 1-0, menarik Mkhitaryan untuk menggantinya dengan Chris Smalling. Di sisa waktu MU membuat satu gol tambahan lewat gol Zlatan Ibrahimovic. Itu menjadi kemenangan keenam secara beruntun buat ‘Setan Merah’ di Premier League.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply