Liverpool ke Semifinal Usai Atasi Leeds 2-0

Liverpool sukses melangkah ke semifinal Piala Liga Inggris. Sempat kerepotan, ‘Si Merah’ menang 2-0 atas Leeds United.

Menjamu Leeds di Anfield, Rabu (30/11/2016) dinihari WIB, Liverpool dibuat repot dengan pressing gencar tamunya itu sejak selepas sepak mula. Whoscored mencatat Liverpool punya penguasaan bola 72%, tapi cuma mencatatkan empat percobaan tepat sasaran, sama dengan yang ditorehkan Leeds.

Liverpool langsung terancam di awal-awal laga. Pada menit ketiga, Hadi Sacko lolos dari jebakan offside saat menerima umpan dari Stuart Dallas. Tapi sepakannya bisa terbaca dan dihalau oleh Simon Mignolet.

Leeds kembali melancarkan tekanan di menit ke-11. Kali ini percobaan Kemar Roofe dari luar kotak penalti masih tepat mengarah ke Mignolet.

Liverpool merespons tak lama berselang. Umpan Ovie Ejaria disontek Georginio Wijnaldum di tengah kotak penalti. Bola melengkung ke arah pojok kanan gawang, tapi Marco Silvestri dengan sigap mengepis bola.

Upaya lain dari Liverpool lahir di menit ke-33, melalui Emre Can. Tapi tembakannya masih melebar ke kiri gawang.

Leeds sukses membuat Liverpool kerepotan dengan pressing gencarnya. Sampai babak pertama berakhir, skor masih sama kuat 0-0.

Dua kali percobaan Alberto Moreno dari luar kotak penalti tak membuahkan hasil. Keduanya melebar dari sasaran.

Sementara ancaman balasan dari Leeds malah hampir membuahkan gol. Pressing Leeds membuat Liverpool melakukan kesalahan dan bola direbut Kalvin Phillips, sebelum kemudian dioper ke Kemar Roofe. Roofe melepaskan sepakan dari depan kotak penalti dan cuma menghantam tiang gawang.

Leeds terus memberikan tekanan. Umpan silang Taylor disambut sundulan Kyle Bartley di menit ke-65, namun masih melebar. Sementara sepakan Roofe tak lama kemudian bisa diamankan Mignolet.

Liverpool mendapatkan kans bagus untuk memetik keunggulan di menit ke-72, ketika Wijnaldum mendapatkan umpan terobosan di sisi kanan di dalam kotak penalti. Hanya saja tendangan Wijnaldum cuma memantul tiang gawang dan kembali ke lapangan permainan.

Empat menit kemudian, Liverpool benar-benar mendapatkan gol. Trent Alexander-Arnold melepaskan umpan silang terukur dari kanan dan disontek Origi yang terlepas dari pengawalan di depan gawang.

Leeds mulai menurun memasuki fase akhir pertandingan. Pressing gencar mereka sejak awal laga terlihat membuat stamina para pemain kedodoran.

Di menit ke-81, Liverpool mendapatkan gol kedua. Origi melakukan tusukan di kanan, lalu mengoper ke Wijnaldum di tengah.

Wijnaldum tak menahan bola lama-lama karena ruang tembaknya tertutup, sehingga mengoper ke Ben Woodburn di sisi kiri. Woodburn lantas menyambut bola dengan sepakan keras yang bersarang di pojok kiri atas gawang.

Liverpool tampil baik untuk mengontrol pertandingan di sisa waktu. Leeds sempat mendapatkan sejumlah peluang bagus, tapi perangkap offside Liverpool bekerja dengan baik mencegah terciptanya dua gol.

Skor 2-0 bertahan sampai peluit panjang berbunyi. Liverpool pun menang dan lolos ke semifinal Piala Liga Inggris.

Susunan pemain:

Liverpool: Mignolet, Alexander-Arnold, Lucas, Klavan, Moreno, Stewart (Woodburn 67′), Wijnaldum, Can, Ejaria (Milner 82′), Mane, Origi (Grujic 90′)

Leeds: Silvestri, Berardi, Bartley, Cooper (Ayling 46′), Taylor, O’Kane (Phillips 28′), Vieira, Dallas (Wood 62′), Sacko, Roofe, Doukara

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply