Belanda bermain imbang melawan Belgia

Belanda bermain imbang melawan Belgia

Laga persahabatan antara Belanda dan Belgia berakhir seri 1-1. Belanda unggul lebih dulu di paruh pertama sebelum dibalas Belgia di menit-menit akhir babak kedua.

Dalam pertandingan di Amsterdam ArenA, Kamis (10/11/2016) dinihari WIB, Belgia tampil lebih dominan dengan penguasaan bola mencapai 61%. Dalam statistik yang dilansir ESPN FC, Belgia tercatat melepaskan 17 tembakan, lima di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Belanda hanya melakukan lima tembakan dengan dua yang tepat sasaran.

Belgia lebih dulu mengancam di menit ke-28. Umpan Kevin De Bruyne dari sisi kanan disambut sundulan oleh Dries Mertens. Tapi upaya Mertens itu masih melayang tipis di atas mistar gawang Belanda.

Kendati Belgia lebih banyak memegang kendali permainan, Belanda lah yang lebih dulu membuka keunggulan. Tuan rumah memimpin di menit ke-38 berkat eksekusi penalti Davy Klaassen.

Penalti untuk Belanda diberikan setelah Jeremain Lens dilanggar oleh Jan Vertonghen di kotak terlarang. Klaassen yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Simon Mignolet untuk memberi Belanda keunggulan 1-0. Keunggulan Belanda itu bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belgia terus berupaya mencetak gol balasan. Tendangan bebas De Bruyne di menit ke-62 belum menghasilkan gol setelah ditepis oleh Maarten Stekelenburg.

Upaya Romelu Lukaku di menit ke-78 lewat tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti masih membentur bek Belanda dan melebar dari gawang. Tak lama berselang, striker Everton itu juga melewatkan sebuah peluang emas setelah sepakannya dari jarak dekat meneruskan sebuah umpan dari sisi kanan terlalu jauh melambung di atas gawang.

Upaya Belgia untuk mencetak gol penyama akhirnya membuahkan hasil di menit ke-82. Yannick Ferreira Carrasco yang bergerak di depan kotak penalti Belanda kemudian melepaskan tembakan. Bola membentur Joel Veltman dan melambung melewati Stekelenburg yang mati langkah.

Tiga menit jelang laga usai, Stelkelenburg melakukan penyelamatan bagus untuk mengamankan gawang Belanda. Dia menepis sepakan Eden Hazard yang menuntaskan kerja sama dengan Lukaku. Skor 1-1 akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Belanda selanjutnya akan melawan Luksemburg dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 (13/11). Sementara Belgia akan menghadapi Estonia.

Susunan Pemain

Belanda: Stekelenburg; Bruma, Veltman, Van Dijk, Blind; Schaars (Clasie 15′), Klaassen (Brenet 46′); Lens (Depay 67′), Sneijder (Vilhena 75′), Wijnaldum (Ramselaar 89′); Janssen (Dost 27′)

Belgia: Mignolet; Ciman, Meunier (Foket 46′), Kabasele, Vertonghen; Witsel, Defour (Tielemans 83′); Mertens (Lukaku 64′), De Bruyne (T. Hazard 64′), Carrasco; E. Hazard

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply