PSG Raih Tiket Lolos berkat Kemenangan di Markas Basel

PSG Raih Tiket Lolos berkat Kemenangan di Markas Basel

Paris Saint-Germain meraih tiket lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai menang 2-1 di markas FC Basel pada partai matchday 4.

Pertandingan di St. Jakob-Park, Rabu (2/11/2016) dinihari WIB, itu dibuka dengan gol Blaise Matuidi dua menit menjelang turun minum untuk membuat PSG unggul 1-0.

Pemain pengganti Luca Zuffi sempat membuat Basel menjaga peluang di menit ke-76. Tapi Thomas Meunier kemudian memastikan kemenangan PSG, setelah Basel main dengan 10 pemain, lewat gol di menit-menit akhir.

PSG kini mengoleksi 10 poin, setara dengan Arsenal yang juga meraih kemenangan di matchday 4. Keduanya sama-sama dipastikan lolos ke fase knock-out, dan tinggal berebut predikat juara Grup A, mengingat Basel dan Ludogorets–dua tim lain grup ini, baru mengoleksi masing-masing satu poin sampai dengan matchday 4.

Jalannya pertandingan

PSG yang mengambil inisiatif serangan sejak awal dikejutkan dengan serangan balik Basel di menit ke-14. Omar Gaber mengirim umpan silang berbahaya ke tiang jauh meskipun tembakan Matías Delgado belum bisa menaklukkan kiper Alphonse Aréola.

PSG kemudian gencar menekan. Tembakan Edinson Cavani melambung di menit ke-20, lalu Marco Verratti gagal merepotkan kiper Tomás Vaclík lewat tembakan jarak jauhnya, sampai kemudian gawang Basel digetarkan Cavani saat ia sudah terjebak offside.

Serangan balik lain dari Basel di menit ke-36 kembali membuat pertahanan PSG dalam tekanan. Usaha Thiago Motta menghalau bola kiriman Serey Die malah membuat si kulit bundar mengarah ke Delgado, walaupun penyelesaian akhirnya masih melebar.

PSG unggul di menit ke-43. Diawali dari sepak pojok, bola mengarah ke tiang jauh untuk kemudian disepak Thomas Meunier. Meski tampak seperti tembakan langsung, Blaise Matuidi kemudian melanjutkan dengan sontekan guna menjebol gawang Basel dari jarak dekat.

PSG mengawali babak kedua dengan peluang. Operan dari Cavani mengenai pemain lawan dan berubah arah tepat ke Lucas Moura, yang hasil sepakannya masih bisa dihalau oleh Vaclik.

Memasuki menit ke-59 giliran Layvin Kurzawa yang membuat peluang buat PSG. Tapi tandukannya di menit ke-59 masih mengirim bola belum mengarah ke bidang sasaran.

Peluang lain buat PSG didapatkan Motta di menit ke-75. Diawali dari sepak pojok, bola dari Angel Di Maria dilanjutkan Motta dengan sundulan di depan gawang walaupun ia gagal mengarahkannya ke target.

Semenit berselang justru Basel yang bikin gol. Di area sayap Luca Zuffi menguasai bola lalu melambungkannya ke arah gawang PSG. Kiper Aréola yang berada dalam posisi kurang menguntungkan tidak kuasa menyelamatkan gawangnya.

Basel harus bermain minus satu pemain di menit ke-84 setelah Die menerima kartu kuning kedua, akibat pelanggaran yang ia lakukan terhadap Verratti.

Keunggulan jumlah pemain itu berhasil dimaksimalkan PSG. Di menit-menit akhir, umpan silang dari Adrien Rabiot berhasil dilanjutkan Thomas Meunier dengan tendangan voli untuk membuat PSG menang 2-1.

Susunan pemain

Basel: Vaclik; Gaber (Šporar 69′), Suchy, Alvarez, Traore; Xhaka (Elneny 87′), Bjarnason, Die, Delgado (Zuffi 59′), Steffen, Doumbia (Janko 59′).

PSG: Areola; Meunier, Marquinhos, Silva (Krychowiak 46′), Kurzawa, Verratti, Motta, Matuidi (Rabiot 77′), Lucas (Jese 83′), Cavani, Di Maria

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply