Bayern Kalahkan PSV 2-1, Lolos ke Fase Knockout

Bayern Kalahkan PSV 2-1, Lolos ke Fase Knockout

Sempat tertinggal lebih dulu, Bayern Munich pada akhirnya menang 2-1 atas PSV Eindhoven. Kemenangan ini mengantarkan mereka lolos dari babak grup.

Bertanding di Philips Stadion, Rabu (2/11/2016) dinihari WIB, Bayern tampil amat dominan sepanjang laga. Situs resmi UEFA mencatat Die Roten punya penguasaan bola sebesar 69%.

Sembilan upaya Bayern mengarah ke gawang, berbanding hanya dua milik PSV. Tapi Bayern justru tertinggal lebih dulu lewat sebuah serangan balik.

Santiago Arias membawa PSV unggul di menit ke-14 usai menyambar bola hasil tepisan Manuel Neuer. Ada bau kontroversial karena Arias berdiri dalam posisi offside.

Bayern butuh penalti untuk menyamakan kedudukan lewat Robert Lewandowski di menit ke-34. Lewandowski pula yang akhirnya memastikan kemenangan Bayern di menit ke-74.

Dengan kemenangan ini, plus kekalahan Rostov dari Atletico Madrid di laga lainnya, Bayern lolos dari Grup D. Sementara mereka mengoleksi sembilan poin dari empat laga, tertinggal tiga angka dari Atletico di posisi teratas.

Torehan poin keduanya sudah takkan terkejar oleh Rostov di urutan tiga yang punya dua poin dengan sisa dua laga. PSV sementara itu baru mengoleksi nilai satu.

Jalannya Pertandingan

Belum sampai lima menit laga berjalan, Bayern sudah punya dua peluang bersih. Di menit kedua, Bayern menekan dari sisi kiri lewat David Alaba dan dilanjutkan dengan umpan silang. Bola kemudian disambar Thomas Mueller yang merangsek dari belakang tanpa terkawal, tapi cuma berakhir tipis di sisi kiri gawang.

Dua menit berselang, giliran Robert Lewandowski yang menebar ancaman untuk PSV. Jerome Boateng memainkan bola panjang dari tengah dan disundul Lewandowski.

Bola melambung melewati atas kiper PSV Remko Pasveer yang memang berdiri agak maju. Saat tampak akan masuk ke gawang, bola dimentahkan oleh mistar. Bola pantulan sempat coba ditanduk lagi oleh Lewandowski, tapi kali ini melambung.

Di menit ke-10, Arjen Robben melakukan tusukan dari sisi kanan, bergerak memotong ke tengah. Aksinya diakhiri tendangan keras yang masih berakhir jauh di atas gawang.

Terus menekan, Bayern malah kebobolan di menit ke-14. Dari sebuah situasi serangan balik, PSV menekan dari sisi kanan lewat umpan silang. Bola sempat dibelokkan Santiago Arias, sebelum kemudian diteruskan Davy Proper ke arah gawang.

Tapi Manuel Neuer dengan cemerlang menepis bola. Hanya saja Arias saat itu sudah berdiri di depan gawang dan menyambar bola pantulan dengan kepala ke gawang kosong. Bayern melakukan protes sementara tayangan ulang menunjukkan Arias dalam posisi offside, namun hakim garis tak mengangkat bendera.

Bayern melanjutkan tekanannya ke pertahanan PSV. Upaya Xabi Alonso dari luar kotak penalti masih mudah diamankan Pasveer. Berikutnya Alonso mengkreasikan peluang untuk Robben, tapi Pasveer kembali bisa menghalau bola.

Bayern nyaris saja menyamakan kedudukan di menit ke-29, ketika umpan silang Robben ditanduk Lewandowski ke pojok kiri gawang. Tak berbuah gol karena dimentahkan tiang.

Di menit ke-33, Bayern mendapatkan penalti setelah Andres Guardado melakukan handball. Lewandowski menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Sepakan Lewandowski di menit ke-40 dinetralkan oleh Pasveer. Pasveer lantas melakukan penyelamatan gemilang semenit kemudian, menggagalkan sundulan Vidal dari jarak sangat dekat.

PSV sempat membalas lewat Arias, namun masih melebar ke kiri. Babak pertama berakhir 1-1.

Tembakan keras Alaba di menit ke-54 menjadi ancaman serius untuk PSV di awal babak kedua. Pasveer melakukan manuver untuk menyelamatkan gawangnya.

Bayern terus mengurung PSV. Namun sejumlah peluang gagal dimanfaatkan dengan baik. Sundulan Mats Hummels melebar, sementara sepakan Vidal kembali dimentahkan kiper.

PSV sempat mendapatkan kesempatan dari bola mati di menit ke-69. Umpan lambung Andres Guardado disambut sundulan Hector Moreno, cuma berakhir di sisi kiri atas gawang.

Empat menit berselang, Bayern unggul. Douglas Costa menahan bola di sisi kiri, lalu memberikan umpan terobosan ke Alaba yang berlari bebas. Alaba meneruskannya dengan umpan silang dan disontek dengan ringan ke dalam gawang oleh Lewandowski.

Bayern nyaris menambah gol di menit ke-84. Menerima umpan silang dari kanan, Costa menyodorkannya ke Lewandowski.

Dengan sedikit trik, penyerang asal Polandia itu melewati penjagaan bek dan menyontek bola melewati kiper. Bola memantul mistar lalu membentur tiang kanan dan bergulir kembali ke dalam lapangan.

Di menit-menit akhir, Bayern mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas langsung di depan kotak penalti. Namun eksekusi Alaba melambung. Laga berakhir tak lama berselang.

Susunan pemain:

PSV: Pasveer; Arias, Isimat-Mirin, Moreno, Willems (Brenet 46′); Ramselaar (Zinchenko 74′), Schwaab, Guardado; Propper, De Jong, Pereiro (Bergwyn 67′)

Bayern: Neuer; Lahm, Hummels, Boateng, Alaba; Alonso; Robben (Costa 64′), Kimmich, Vidal; Muller (Sanches 85′), Lewandowski

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply