FIFA Kenalkan Cara Baru Tentukan Pemain Terbaik Dunia

FIFA Kenalkan Cara Baru Tentukan Pemain Terbaik Dunia

FIFA memperkenalkan cara baru untuk menentukan pemain yang berhak meraih penghargaan pemain terbaik di dunia versi induk sepak bola dunia itu. Ada sedikit perubahan dalam metode itu sejak FIFA dan Ballon d’Or ‘pecah kongsi’ dalam menyelenggarakan penghargaan pemain terbaik di dunia.

Sebelumnya, metode pemilihan para kandidat pemain terbaik ditentukan berdasarkan hasil pemungutan suara yang dikumpulkan dari kapten dan pelatih timnas di seluruh dunia.

Seperti dilansir dari Daily Mail, FIFA akan memodifikasi cara tersebut. Pemain terbaik akan ditentukan dalam dua pendekatan. Cara pertama dilakukan berdasarkan voting kapten dan pelatih timnas seluruh dunia.

Metode itu bakal 50 persen menentukan pemain yang berhak menyandang nama sebagai yang terbaik di dunia versi FIFA. Sedangkan 50 persen lagi akan ditentukan pada tahap berikutnya, yakni pemilihan dari para fan sepak bola dan 200 perwakilan media yang diseleksi dari seluruh dunia.

Sementara Ballon d’Or kembali dengan metode lamanya dengan menentukan pemain terbaik dunia berdasarkan penilaian dari seluruh perwakilan jurnalis Eropa yang akan memilih di antara 30 kandidat.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengklaim gaung penghargaan pemain terbaik versi FIFA tak akan kalah bergengsi dan meriah ketimbang Ballon d’Or.

“Event ini bakal menyangkut sepak bola dan dengan peserta yang amat antusias dan lebih luas: para pemain, pelatih, serta para fan,” terang Infantino seperti dikutip dari Daily Mail.

“Ini merupakan ajang baru dengan cara baru untuk merayakan permainan yang dicintai oleh semua.”

Agenda antara kedua ajang penghargaan itu pun relatif berdekatan waktunya. FIFA akan menyelenggarakan penghargaan pemain terbaik pada 9 Januari 2017, setelah penghargaan Ballon d’Or pada Desember 2016.

Sebelumnya, media France Football mengakhiri masa kontrak enam tahun dengan FIFA untuk menyelenggarakan penghargan FIFA Ballon d’Or.

Selama ajang FIFA Ballon d’Or, pertarunhan antara dua bintang dunia, Lionel Messi dan Christiano Ronaldo kerap mewarnai penghargaan tersebut.

Namun, Messi lebih dominan dengan meraih empat kali penghargaan pada 2010, 2011, 2012, dan 2015. Sementara Ronaldo baru meraih dua kali FIFA Ballon d’Or yakni pada 2013 dan 2014.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply