Barcelona Kalahkan Madrid Dalam El Clasico Finansial

Barcelona Kalahkan Madrid Dalam El Clasico Finansial

Barcelona berhasil melampaui keuntungan yang dimiliki rivalnya di La Liga, Real Madrid. Hal itu pun membuat Barca unggul atas Madrid dalam El Clasico–sebutan untuk laga antara Barca dan Madrid–finansial tersebut.

Seperti dilansir Goal, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengumumkan bahwa klub tersebut mendapatkan keuntungan hingga 679 juta euro dari musim kompetisi 2015/16.

Jumlah keuntungan Barca itu meningkat hingga 7,2 persen dari semusim sebelumnya yang mendapatkan 633 juta euro.

Sementara itu Madrid disebut mendapatkan keuntungan hingga 620 juta euro. Keuntungan yang semula 581 juta euro itu meningkat hingga 6,7 persen karena Los Blancos berhasil menjuarai Liga Champions.

Selanjutnya, untuk musim kompetisi 2016-17, Barcelona disebut menargetkan keuntungan hingga 695 juta euro. Adapun Madrid menargetkan 620 juta euro.

Seperti dikutip lembaga riset keuangan, Deloitte, itu adalah untuk kali pertama Barcelona mengalahkan Madrid dalam hal jumlah keuntungan.

Sebelumnya, Madrid selalu menjadi yang terbanyak dan juga berhasil memuncaki peringkat klub olahraga terkaya dalam 11 tahun terakhir.

Selain itu, berdasarkan perhitungan terakhir, Madrid bukan lagi klub olahraga paling bernilai di dunia ini. Posisi raksasa Spanyol itu kini digantikan tim olahraga dari Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari Sky Sports pada Juli lalu, tim sepak bola Amerika (NFL) Dallas Cowboys telah menggeser posisi Madrid sebagai klub yang memiliki nilai paling tinggi di dunia berdasarkan majalah ekonomi Forbes. Itu untuk kali pertama Madrid tergeser posisinya sejak tiga tahun terakhir.

Berdasarkan perhitungan terakhir, Cowboys naik satu peringkat dan kini memiliki nilai US$4 miliar (sekitar Rp 52,3 triliun). Nilai Cowboys meningkat sebesar US$3,2 miliar dari tahun lalu. Sementara Madrid meskipun meningkat sekitar 12,5 persen nilainya masih berada di bawah Cowboys yakni US$3,65 miliar.

Sejauh ini, lima besar klub paling bernilai di dunia masih dikuasai tim sepak bola Eropa. Selain Madrid, tim sepak bola Eropa lainnya yang masuk lima besar adalah Barcelona di tempat ketiga (US$3,55 miliar) dan Manchester United di tempat kelima (US$3,32 miliar). MU sendiri semakin merosot nilainya sejak pernah menjadi yang pertama pada 2011 dan 2012.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply