Anggota Exco PSSI Pastikan Kongres Tetap di Makassar

Anggota Exco PSSI Pastikan Kongres Tetap di Makassar

Anggota komite eksekutif (exco) PSSI, Tonny Aprilani, mengonfirmasi Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan tetap digelar di Makassar pada 17 Oktober mendatang. Hal itu diungkapkan Tonny di Kantor PSSI, Kuningan, Selasa (11/10).

“Sampai detik ini saya bicara dengan Sekjen (PSSI, Azwan Karim) keputusan final masih tetap di Makassar. Sekjen barusan komunikasi lagi dengan AFC dan FIFA, mereka positif akan hadir di Makassar,” ujar Tonny.

Tonny menjelaskan permintaan pemerintah dalam hal ini Kemenpora untuk menggelar Kongres PSSI di Yogyakarta tidak bisa diakomodasi. Pasalnya, permintaan tersebut diajukan kurang dari 40 hari atau delapan pekan jelang kongres.

“Kalau (lokasi kongres) diubah akan menyalahi aturan dan statuta. Pada 15 Oktober malam, FIFA dan AFC juga mengajak rapat di Makassar. Berarti FIFA dan AFC menginginkan tempat yang sudah ditetapkan,” kata Tonny.

“Saya secara pribadi menyarankan, ‘Sudah, apa salahnya kita pindah ke Yogyakarta? Kita kan bermitra dengan pemerintah’. Tapi kemudian diperlihatkan surat dari FIFA, statuta, kalau memindahkan tempat kurang dari 40 hari atau delapan pekan, kita disanksi lagi. Apa mau seperti itu? Jadi terjepit posisinya.”

Tonny sendiri mengatakan pihak PSSI tetap mempersiapkan diri bila kongres tersebut diundur 40 hari sesuai statuta lantaran tak dapat izin dari kepolisian.

“Paling sial kita ditutup tidak bisa masuk ke ruangan Kongres. Tapi yang penting, kita selamatkan dulu sepak bola ini di hadapan FIFA dan AFC karena kita baru dicabut sanksinya. Kita kalau melawan terus ke FIFA juga tidak bagus,” ucap Tonny.

PSSI, dikatakan Tonny, akan terus berusaha melakukan komunikasi dengan Kemenpora untuk mencari jalan keluar terkait perbedaan pendapat lokasi kongres.

“Seluruh permasalahan ini sudah diserahkan melalui Sekjen PSSI ke Kemenpora melalui Pak Gatot S. Dewa Broto (juru bicara Kemenpora). Mudah-mudahan satu atau dua hari ini ada solusi,” tegas Tonny yang juga merupakan salah satu calon ketua umum.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply