Setelah 6 Tahun Indonesia Akhirnya Tanpa Pemain Naturalisasi

Setelah 6 Tahun Indonesia Akhirnya Tanpa Pemain Naturalisasi

Timnas Indonesia tidak akan diperkuat pemain naturalisasi saat menjalani pertandingan persahabatan melawan Malaysia di Stadion Manahan, Solo, 6 September mendatang. Ini adalah kali pertama sejak Oktober 2010 skuat Timnas Indonesia tidak memiliki pemain naturalisasi.

Pelatih Alfred Riedl memutuskan untuk tidak memasukkan nama Kim Jeffrey Kurniawan untuk pertandingan melawan Malaysia. Gelandang Persib Bandung itu merupakan satu-satunya pemain naturalisasi yang mengikuti seleksi Timnas yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2016 beberapa waktu lalu.

Tidak adanya nama Kim dalam skuat untuk menghadapi Malaysia membuat Timnas Indonesia untuk kali pertama sejak pertandingan melawan Maladewa, 12 Oktober 2010, tidak diperkuat pemain naturalisasi.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Siliwangi, Bandung, hampir enam tahun lalu, itu Timnas Indonesia yang juga dilatih Riedl menggunakan skuat berisikan pemain asli lokal. Tiga gol Indonesia dicetak Okto Maniani, Yongki Aribowo dan Tony Sucipto.

Baru pada pertandingan selanjutnya ketika melawan Timor Leste di Stadion Jakabaring, Palembang, 21 November 2010, Indonesia menggunakan jasa pemain naturalisasi. Ketika itu Cristian Gonzales melakukan debutnya bersama tim Merah Putih dan langsung mencetak dua gol.

Debut Gonzales bersama Timnas Indonesia menandai era pemain naturalisasi. Sejak saat itu selalu ada pemain naturalisasi di skuat Indonesia, mulai dari Greg Nwokolo, Diego Michiels, Johnny van Beukering, Tonnie Cusell, Raphael Maitimo, Sergio van Dijk, Victor Igbonefo, hingga ke Bio Paulin.

Pada pertandingan Indonesia sebelum terkena sanksi FIFA, yakni ketika melawan Myanmar pada 30 Maret 2015 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, ada pemain naturalisasi yang diturunkan pelatih Benny Dolo: Gonzales, Igbonefo, Bio Paulin, dan Maitimo.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply