Giliran Liverpool Diincar Konglomerat Tiongkok

Giliran Liverpool Diincar Konglomerat Tiongkok

Tiongkok semakin gencar berinvestasi di dunia sepakbola, salah satunya dengan mengincar klub-klub Eropa. Yang terakhir diisukan diincar adalah Liverpool FC.

Akhir pekan kemarin Financial Times melaporkan bahwa sebuah konsorsium mulai menjajaki potensi membeli Liverpool. Konsorsium itu merupakan kerja sama antara perusahaan keuangan milik pemerintah Tiongkok, Everbright, dengan PCP Capital Partners yang bermarkas di London, Inggris.

Walaupun hingga kini pihak Liverpool membantah rumor tersebut, namun dikabarkan mereka langsung menyewa sebuah konsultan untuk mengantisipasi perkembangan isu itu.

Dilansir Reuters, Minggu (21/8/2016), seorang pejabat senior di Liverpool mengatakan bahwa tidak ada rencana penjualan klub, yang sampai saat ini dimiliki oleh Fenway Sports Group dari Amerika Serikat.

Tiongkok memang sedang membesarkan sepakbola di negaranya, atas keinginan Presiden Xi Jinping, terutama dalam satu dekade terakhir. Banyak pemain top dunia diboyong ke liga mereka, yang sejak 2004 berubah format menjadi Chinese Super League (CSL).

Mereka juga mulai melakukan penetrasi investasi kepada klub-klub sepakbola Eropa. Saat ini ada tiga kesebelasan yang dimiliki oleh pengusaha-pengusahan Tiongkok, yakni AC Milan (Italia), West Bromwich Albion (Inggris), dan Auxerre (Prancis).

Klub-klub lain yang sebagian sahamnya juga dimiliki konglomerat Tiongkok di antaranya Aston Villa (Inggris), Wolverhampton Wanderers (Inggris), Inter Milan (Italia), serta Manchester City (Inggris) dan Atletico Madrid (Spanyol).

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply