Neymar Bawa Brasil Rebut Medali Emas Olimpiade

Neymar Bawa Brasil Rebut Medali Emas Olimpiade

Timnas Brasil untuk kali pertama merebut medali emas Olimpiade cabang sepak bola setelah mengalahkan Jerman lewat drama adu penalti 5-4 pada final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Sabtu (20/8) malam waktu setempat.

Brasil unggul 1-0 di babak pertama lewat gol tendangan bebas indah Neymar pada menit ke-27. Penyerang Barcelona itu melepaskan tendangan ke pojok kanan atas gawang yang tidak mampu diantisipasi kiper Timo Horn.

Jerman sendiri terbilang tidak beruntung di babak pertama. Tiga kali usaha Der Panzer hanya membentur mistar gawang, termasuk tendangan Julian Brandt pada menit kesebelas.

Jerman baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-59 melalui gol kapten tim Max Meyer yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan. Skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit berakhir.

Baik Brasil dan Jerman sama-sama memiliki peluang di 2×15 menit babak tambahan. Tapi, hingga 120 menit pertandingan dilakukan, skor tidak berubah. Adu penalti pun harus digelar untuk menentukan pemenang.

Lima penendang Brasil mampu melaksanakan tugas dengan sempurna, dengan Neymar menjadi eksekutor penentu. Sementara satu penendang Jerman yang gagal adalah Nils Petersen, setelah tendangannya yang mengarah ke pojok kiri gawang diblok kiper Weverton.

Brasil merebut medali emas cabang sepak bola untuk kali pertama setelah gagal di tiga final sebelumnya pada 1984, 1988, dan 1988. Sementara bagi Jerman, medali perak adalah torehan terbaik mereka. Sebelumnya Jerman hanya mampu merebut medali perunggu pada 1964 dan 1988.

Eksekutor penalti

Jerman:
1. Ginter / Gol
2. Gnarby / Gol
3. Brandt / Gol
4. Niklas Suele / Gol
5. Nils Petersen / Gagal

Brasil:
1. Augusto / Gol
2. Marquinhos / Gol
3. Rafael Alcantara / Gol
4. Luan / Gol
5. Neymar / Gol

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply