BOPI: Tak Semua Pemain Asing ISC Punya Izin

BOPI: Tak Semua Pemain Asing ISC Punya Izin

Badan Olahraga Profesional Indonesia menyatakan tak seluruh klub yang berkompetisi di Indonesian Soccer Championship (ISC)-A memastikan pemain asingnya mempunyai izin tinggal dan izin kerja yang diperlukan.

“Masih ada saja klub-klub yang belum menyelesaikan dokumen keimigrasian mereka, padahal turnamen sudah hampir setengah musim berjalan,” kata Sekretaris Jenderal BOPI, Heru Nugroho.

Heru mengatakan bahwa BOPI terus memantau perkembangan kompetisi yang dikelola PT Gelora Trisula Semesta tersebut, dan menyatakan setidaknya ada tiga klub yang pemain asingnya tidak memiliki izin tinggal atau izin kerja.

Meski demikian, Heru mengaku BOPI tidak mengantongi data lengkap pelanggaran tersebut.

“Kami belum melakukan riset secara menyeluruh, tapi dari pemantauan kami, ada klub yang sudah melengkapi, dan ada yang juga belum,” katanya. Ketika diminta CNNIndonesia.com, BOPI menolak untuk menyebutkan klub-klub yang bermasalah.

Heru juga mengatakan bahwa pihaknya kerap menemui kesulitan ketika berupaya mendapatkan data lengkap pemain kepada operator kompetisi.

Salah satu kesalahan klub soal perizinan ini, menurut Heru, adalah tidak segera mengurus izin yang diperlukan dari semasa pemain menjalani trial (percobaan).

“Klub biasanya tidak mau mengambil risiko, dan mereka barus mengurus izin pemain setelah yakin akan merekrut pemain tersebut. Ini kan tidak benar, apalagi jika pemainnya trial sampai enam bulan,” kata Heru

“Kesimpulannya, kompetisi ini gagal menjadi percontohan, padahal sebelumnya dikatakan sebagai percontohan tata kelola sepak bola. Ini jauh panggang dari api,” katanya.

Berdasarkan regulasi Torabika Soccer Championship pasal 29, klub harus mendaftarkan pemainnya kepada PT GTS sebelum dinyatakan bisa bermain. Sementara pasal 32 soal pendaftaran pemain, menyatakan bahwa pemain asing wajib melampirkan salinan visa, Izin Tinggal Sementara (KITAS), dan kontrak kerja sebagai syarat.

46 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply