Timnas Indonesia Tak Ganggu Gugat Jadwal ISC

Timnas Indonesia Tak Ganggu Gugat Jadwal ISC

Jadwal persiapan tim nasional Indonesia jelang Piala AFF dipastikan tidak akan menganggu jalannya kompetisi Indonesian Soccer Championship-A. Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) Joko Driyono setelah melakukan pertemuan dengan 18 klub ISC di Jakarta, Jumat (22/7) malam.

Ada dua opsi yang ditawarkan dalam pertemuan tersebut, yaitu pertama kompetisi tetap berjalan dengan klub hanya mengirimkan dua pemain, atau kompetisi dihentikan selama timnas menjalani persiapan.

“Klub telah memutuskan menggunakan opsi pertama. Kami juga sudah membicarakan keputusan ini dengan Alfred Riedl (pelatih timnas) dan sudah tidak ada masalah,” kata Direktur Utama PT GTS Joko Driyono, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Joko, pemusatan latihan timnas akan dilakukan secara bertahap yaitu periode Agustus-September dan Oktober-November. Pemusatan latihan tahap pertama dilaksanakan pada 8-12 Agustus dengan efektif latihan pada 9-10 Agustus. Selanjutnya pelatihan digelar pada 15-19 Agustus.

“Tetapi saat itu hanya memanggil pemain yang tidak menjalani kompetisi. Berikutnya pada 15-19 Agustus itu dilakukan juga dengan memanggil pemain yang klubnya tidak sedang berkompetisi,” kata Joko.

Setelah menjalani pemusatan latihan tahap pertama, timnas Merah Putih dijadwalkan menjalani pertandingan uji coba internasional melawan Malaysia, 6 September. Jadwal laga pertama Indonesia usai menjalani sanksi FIFA selama nyaris setahun ini telah tercantum pada situs resmi otoritas sepak bola dunia tersebut.

Selanjutnya, pemusatan latihan digelar pada 19-30 September. Saat itu Riedl akan lebih leluasa memanggil pemain karena tidak ada jadwal kompetisi berkaitan dengan PON 2016 di Jawa Barat.

Pemusatan selanjutnya digelar 1-18 Oktober, ketika kompetisi sedang berjalan. Klub dipastikan melepas pemainnya yang dipanggil Riedl pada periode ini.

“Terakhir yaitu 16 November, semua pemain yang terpilih yakni 23 pemain sudah berkumpul sebelum berangkat,” kata Joko.

Berdasarkan peraturan FIFA, klub-klub diwajibkan melepas pemain yang dipanggil timnas pada kompetisi-kompetisi resmi di bawah FIFA atau pada kalender pertandingan internasional (International Match Calendar), termasuk di antaranya laga persahabatan yang telah didaftarkan.

Ada tiga jendela untuk laga internasional FIFA hingga akhir tahun ini yaitu 29 Agustus-6 September, 3-11 Oktober, dan 7-15 November.

Piala AFF 2016 akan digelar pada 19 November-17 Desember mendatang dengan Myanmar dan Filipina menjadi tuan rumah. Pengundian pembagian grup akan digelar pada 2 Agustus mendatang.

22 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply