Conte Akui Tak Identik dengan Skema 3-5-2

Conte Akui Tak Identik dengan Skema 3-5-2

Manajer baru Chelsea, Antonio Conte mengakui, dirinya bukan tipe pelatih yang keras kepala dalam menerapkan skema di timnya. Seperti diketahui, Conte disebut sebagai juru taktik yang identik dengan skema 3-5-2.

Itu dilakukannya seperti saat menangani Juventus dan timnas Italia, ia tak meninggalkan pakem strateginya di tim dengan pola 3-5-2.

‘Don Conte’ bahkan disebut sukses membawa Juventus juara Liga Italia Serie A, tiga kali beruntun masih dengan menggunakan skema tersebut.

Di Chelsea, Conte sendiri belum berani menyebut secara gamblang pola apa yang bakal ia terapkan. Sebab, menurutnya skema baru bisa terbentuk setelah mengetahui karakter dari setiap pemain dalam skuat itu.

“Biasanya setiap kali saya datang di tim baru, saya mencoba mencari untuk menemukan posisi-posisi para pemain,” tuturnya saat konferensi pers di London, kepada Goal.

Ia pun menganalogikan pekerjaan pelatih seperti salah satu profesi paling umum di negaranya: Italia. “Saat saya berada di Italia saya selalu mengatakan, pelatih itu seperti penjahit,” ucap Conte.

“Anda harus membangun sebuah ‘pakaian’ yang bagus untuk tim dan Anda harus menghargai karakter dan talenta para pemain. Kemudian, Anda yang memutuskan (skemanya).”

Conte juga tak lantas percaya dengan strategi dan skema yang berjalan sangat bagus di tim tertentu, bisa menjadikan contoh tim lainnya.

Begitu pula, menurutnya, tak ada jaminan satu skema itu bisa berjalan dari waktu ke waktu. “Di masa lalu saya memulai musim saya dengan satu ide dan kemudian mengubahnya karena saya melihat sistem itu tidak (lagi) bagus,” ucap Conte.

“Tiga (pemain) di belakang? Atau empat di belakang? Itu tidak penting.”

Menurutnya, yang paling pentin adalah pendekatan yang tepat dalam tim dalam menciptakan organisasi permainan yang bagus. “Saya pikir saya bisa banyak meningkatkan para pemain saya,” ungkapnya.

32 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply