‘Pelatih Inggris Haruslah Orang Inggris’

‘Pelatih Inggris Haruslah Orang Inggris’

Manajer Hull City, Steve Bruce, mendesak Otoritas Sepak Bola Inggris (FA) mengesampingkan manajer asing. Ia berharap siapapun pelatih tim nasional Inggris haruslah berasal dari Inggris.

FA kini sedang sibuk mencari pelatih yang tepat untuk menggantikan Roy Hodgson yang meletakkan jabatannya seusai timnas Inggris tersingkir di Piala Eropa 2016.

Langkah The Three Lions terhenti di babak perempat final usai dikalahkan tim debutan Islandia dengan skor 1-2. Kekalahan menyakitkan ini membuat Hodgson untuk mundur dari jabatannya.

Manajer Sunderland, Sam Allardyce, dikabarkan menjadi kandidat utama dan dikabarkan telah menemui petinggi FA. Sementara Bruce mengaku dengan senang hati menerima tawaran melatih timnas jika memang diminta.

“Tidak, belum ada (panggilan dari FA). Tentu saja saya akan senang jika dipanggil. Ini akan menjadi sorotan untuk membantu Inggris,” kata Bruce kepada Daily Mail.

Bruce juga percaya diri dengan pengalaman yang telah dimiliki sebagai manajer yang mulai dirintis sejak usia 40 tahun. “Hampir seribu pertandingan sebagai pemain dan 800 laga sebagai manajer. Itu jumlah sabtu sore (pertandingan) yang banyak.”

Sebagaimana dilaporkan media-media Inggris, FA juga menyertakan sejumlah kandidat pelatih asing. Di antaranya ada pelatih AS Juergen Klinsmann, manajer Arsenal Arsene Wenger, dan mantan pelatih PSG Laurent Blanc.

Meski demikian, Bruce tak menyetujui jika FA lebih memilih pelatih asing ketimbang potensi lokal. “Pelatih timnas harus orang Inggris. Bahkan jika itu bukan saya, itu haruslah orang Inggris.”

48 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply