Sejarah Baru Jerman vs Italia: 18 Tendangan Penalti

Sejarah Baru Jerman vs Italia: 18 Tendangan Penalti

Perlu 18 penendang untuk menentukan pemenang di antara Jerman versus Italia dalam adu penalti babak perempat final Piala Eropa di Bordeaux, Perancis, Sabtu (2/7) malam waktu setempat.

Dalam pertandingan yang berlangsung Minggu (3/7) dini hari WIB itu kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal, serta babak tambahan 2 X 15 menit. Setelah itu pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Jerman akhirnya memenangkan pertandingan itu dengan skor 6-5. Butuh hingga penendang kesembilan masing-masing tim, atau 18 penendang untuk menentukan pemenang.

Empat dari sembilan penendang Italia gagal, sementara di kubu Jerman tiga dari penendangnya gagal.

Drama 18 penendang itu merupakan jumlah penendang terbanyak di sepanjang sejarah Piala Eropa. Sebelum laga Jerman versus Italia, penendang terbanyak pertama adalah antara Cekoslovakia dan Italia pada 1980 silam.

Kala itu Ceko menang 9-8 lewat adu penalti. Namun, hanya ada 17 penendang yang melakukan eksekusi penalti.

Di satu sisi, kemenangan di Bordeaux membuat Jerman untuk kali pertama berhasil mengalahkan Italia dalam kejuaraan internasional. Selain itu kemenangan tersebut membuat Jerman sukses dalam babak adu penalti untuk mencapai semifinal dalam enam turnamen mayor terakhir.

Dalam laga 90 menit, kedua tim bermain imbang 1-1 berkat gol Mesut Oezil (65’) dan Leonardo Bonucci (78’). Uniknya, di babak tos-tosan kedua pemain itu gagal dalam penalti.

Oezil gagal karena tembakannya mengenai tiang kiri gawang Buffon. Padahal, Buffon sudah salah menebak arah bola. Sementara itu Bonucci, penaltinya gagal karena bisa ditebak arahnya oleh kiper Jerman Manuel Neuer.

Neuer sendiri kemudian didaulat menjadi pemain terbaik dalam laga tersebut.

“Ini adalah hal yang spesial untuk menghadapi begitu banyak penendang penalti, seperti drama! Kami tak bisa mengalahkan Italia dalam 90 menit. Kami tidak bisa mengalahkan Italia dalam 120 menit. Kemudian dalam babak penalti itulah duel antara Italia dan Jerman,” kata Neuer usai laga sepeti dikutip dari situs UEFA.

“Adu penalti ini tak mudah. Ini adalah perang atas mental. Saya telah bersap, tetapi tak ada dari para penendang penalti yang biasa mereka suruh lakukan.”

Dan, karena adu penalti antara Jerman melawan Italia itu adalah rekor baru, Neuer pun mengaku tak percaya.

“Saya tak pernah berpengalaman dalam babak adu penalti seperti ini,” kata Neuer dikutip situs UEFA.

“Namun saya percaya kami lebih baik, dan pantas melangkah ke semifinal.”

50 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply