Islandia Sudah Mengejutkan Dunia

Islandia Sudah Mengejutkan Dunia

Pertama kali ikut serta dalam turnamen besar, Islandia di luar dugaan mampu menembus perempatfinal. Islandia sudah sukses mengejutkan dunia.

Piala Eropa di Prancis musim panas ini menjadi keikutsertaan pertama Islandia di sebuah turnamen besar (Piala Dunia atau Piala Eropa). Tapi kesan pertama yang mereka berikan sungguh luar biasa.

Jangan dulu bicarakan putaran final Euro 2016 karena Islandia sudah membuat gebrakan awalnya di fase kualifikasi. Islandia di antaranya sempat memukul Turki 3-0, Belanda (2-0 dan 1-0), dan Republik Ceko (2-1), untuk lolos sebagai runner-up. Cuma beda dua angka dari Republik Ceko yang finis di posisi teratas grup tersebut. Juga gara-gara Islandia sehingga Belanda tak lolos ke Prancis.

Tim yang ditangani Lars Lagerback bersama Heimir Hallgrimsson itu kemudian melewati fase grup Piala Eropa dengan berimbang 1-1 lawan Portugal, 1-1 dengan Hongaria, sampai kemudian memastikan kelolosan sebagai runner-up grup (lagi) dengan kemenangan 2-1 atas Austria.

Hasil-hasil itu sendiri memang terbilang kurang impresif-impresif amat. Ditambah dengan reputasinya sebagai debutan turnamen maka tak ayal Islandia, yang negaranya cuma berpopulasi sekitar 330 ribu jiwa, masih dipandang sebelah mata.

Akan tetapi, Islandia kemudian menggebrak lagi di babak 16 besar. Menghadapi Inggris yang punya reputasi jauh lebih mapan di turnamen internasional, Islandia meraih kemenangan 2-1 setelah tertinggal lebih dulu dalam laga di Allianz Riviera, Nice, Selasa (28/6/2016) dinihari WIB. Islandia pun berhak atas tiket ke perempatfinal, menjadi satu dari delapan tim terbaik turnamen.

“Kami sudah menjaga ketenangan dan bertahan dengan baik. Kami semua percaya. Yang lainnya di dunia tidak, tapi kami percaya,” kata bek Islandia Kari Arnason seperti dikutip BBC.

“Saya diluapi kegembiraan. Pelatih (Lagerback) belum pernah kalah dari Inggris, ia memberitahu kami, dan kami harus mempertahankan catatan itu. Ketika Jamie Vardy masuk ia punya kecepatan, tapi kami bisa mengantisipasinya.

“Tak diragukan lagi ini merupakan hasil terbesar dalam sejarah sepakbola Islandia. Kami sudah mengejutkan dunia,” sebutnya.

50 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply