Tekad Inggris Mengusir Hantu Bernama ‘Kegagalan Adu Penalti’

Tekad Inggris Mengusir Hantu Bernama ‘Kegagalan Adu Penalti’

Inggris telah tiba di fase gugur Piala Eropa 2016. Artinya kembali ada kemungkinan Inggris terlibat adu penalti dan, seperti sebelum-sebelum ini, menghadapi kegagalan lagi.

Dalam beberapa turnamen besar belakangan, Inggris sudah dihantui kegagalan dalam adu tos-tosan. Sejak 1990, Inggris sudah gagal enam kali dari tujuh babak adu penalti yang mereka lewati di turnamen-turnamen besar.

Pemain top Inggris macam Stuart Pearce, Chris Waddle, Gareth Southgate, dan David Batty bahkan masih terus diingat-ingat sebagai sosok yang sudah luput menuntaskan tugas dari titik 12 pas.

Saat ini di Prancis, Inggris sudah sampai ke babak 16 besar untuk berhadapan dengan Islandia. Potensi adu penalti pun hadir lagi, dengan kapten Inggris Wayne Rooney mengungkap tim rupanya sudah melatih penalti usai setiap sesi latihan di turnamen ini.

“Kami tidak melatihnya dalam artian ‘kamu pengeksekusi nomor satu, sedangkan kamu nomor 2’. Tapi para pemain berlatih penalti dan kami akan melewati ritme yang biasa kami lakukan dalam pertandingan,” kata Rooney seperti dikutip CTV News.

“Tentu saja akan berbeda dengan adanya penonton dan tekanannya, tapi latihan tendangan penalti penting bagi para pemain untuk melatih bagaimana nanti melakukannya (dalam pertandingan),” imbuhnya.

Rentetan kegagalan adu penalti ‘Tiga Singa’ saat ini diawali pada Piala Dunia 1990, ketika penalti Pearce digagalkan kiper lawan dan bola sepakan Waddle melambung dalam kekalahan dari Jerman di semifinal.

Di tahun 1996, ketika Inggris menghajat Piala Eropa, mereka sempat berjaya dalam adu penalti atas Spanyol di 8 besar–Pearce kini sukses jadi algojo. Sialnya, itu tak terulang adu tos-tosan lawan di Jerman di semifinal–Southgate yang gagal mengeksekusi penalti.

Inggris kemudian tersingkir di 16 besar Piala Dunia 1998 di tangan Argentina, dari Portugal di perempatfinal Euro 2004 dan Piala Dunia 2006, lalu atas Italia di perempatfinal Piala Eropa 2012. Kesemuanya lewat adu penalti.

Pun begitu, tetap ada optimisme tersendiri di skuat Inggris saat ini dalam menghadapi kemungkinan terlibat adu penalti lawan Islandia–atau tim-tim lainnya jika berhasil lolos.

“Yang bagus mengenai skuat sekarang adalah saya pikir tak ada satu pun yang pernah terlibat adu penalti dan gagal untuk Inggris,” sebut Rooney.

“Jadi kenangan akan kegagalan semacam itu tidak akan menghantui pemain saat ini. Kami percaya diri dan kalau memang sampai ke adu penalti, kami akan berusaha sekuat tenaga dan semoga saja itu akan cukup,” tuturnya.

16 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply