Istirahatkan Sejumlah Pemain dan Kalahkan Spanyol, Kroasia Kini Lebih Pede

Istirahatkan Sejumlah Pemain dan Kalahkan Spanyol, Kroasia Kini Lebih Pede

Kroasia mengistirahatkan sejumlah pemainnya tapi tetap mampu mengalahkan Spanyol. Babak 16 besar pun dipijak Kroasia dengan lebih percaya diri.

Tertinggal lebih dulu dalam laga Rabu (22/6/2016) dinihari WIB, Kroasia akhirnya berbalik menang 2-1 atas Spanyol yang merupakan juara Piala Eropa dua edisi terakhir.

Maka Spanyol pun akhirnya kembali merasakan kekalahan di Piala Eropa setelah tidak lagi mengalaminya sejak 20 Juni 2004. Baru kali ini pula Spanyol kalah di laga Piala Eropa setelah unggul lebih dulu.

Yang menarik, pelatih Ante Cacic tidak menurunkan skuat andalannya. Ia mengaku mengistirahatkan lima pemain di laga lawan Spanyol, termasuk tidak memainkan playmaker Luka Modric dan penyerang Mario Mandzukic.

“Sebelum laga ini saya ingin memainkan laga berikutnya (di 16 besar) dengan para pemain yang segar. Ini merupakan sebuah pencapaian besar dan sekarang kami bisa lebih percaya diri,” tutur Cacic seperti dikutip Reuters.

Hasil tersebut membuat Kroasia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup D, sekaligus menggeser Spanyol ke posisi runner-up grup sehingga akan berhadapan dengan Italia di babak tersebut. Secara umum, Spanyol juga berada di separuh bagan yang berisikan tim-tim top–termasuk Jerman, Prancis, dan Inggris. Sementara Kroasia justru sebaliknya.

“Kita bisa membicarakan bagaimana (separuh bagan) lebih enak tapi tetap saja Anda harus memenangi seluruh pertandingan. Mungkin kami punya jalan lebih mudah, tapi kami harus berjalan selangkah demi selangkah,” sebutnya.

Cacic juga menyanjung para pemainnya telah memperlihatkan wajah sejati Kroasia kepada dunia, bahwa mereka tidak serupa dengan sejumlah suporternya yang sudah bikin malu di Piala Eropa kali ini dengan berbuat rusuh.

“Tim ini seperti negeri kami sendiri. Para pemain sudah memperlihatkan bagaimana cara mewakili negaranya dan juga cara bersikap,” kata Cacic.

11 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply