Irlandia Utara Akhirnya Lolos ke 16 Besar

Irlandia Utara Akhirnya Lolos ke 16 Besar

Setelah berharap-harap cemas selama beberapa jam, Irlandia Utara akhirnya mendapatkan kepastian nasibnya: Mereka lolos ke babak 16 besar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Irlandia Utara sempat khawatir setelah dikalahkan 0-1 oleh Jerman di Parc des Princes, Selasa (21/6/2016) malam WIB. Satu-satunya gol Jerman pada laga tersebut dicetak oleh Mario Gomez pada menit ke-30.

Irlandia Utara, yang memiliki poin 3, masih rentan untuk digeser oleh Republik Ceko, yang sebelum laga melawan Turki masih memiliki poin 1.

Namun, keberuntungan berpihak pada Irlandia Utara. Republik Ceko justru takluk 0-2 dari Turki. Imbasnya, posisi ketiga di Grup D ditempati oleh Turki, bukan Rep. Ceko.

Turki, kendati pun sama-sama mengoleksi nilai 3, selisih golnya (-2) berada di bawah selisih gol Irlandia Utara (0). Oleh karenanya, Irlandia Utara berhak berada di atas Turki.

Selain Turki, Irlandia Utara juga berada di atas Albania. Meski sama-sama mengoleksi nilai 3, Albania hanya memiliki selisih dua gol.

Dengan berada di atas dua tim tersebut, otomatis Irlandia Utara termasuk ke dalam empat tim yang berhak menggenggam empat tiket dari peringkat ketiga terbaik.

Hasil apa pun yang terjadi di Grup E dan F pada Rabu (22/6) malam WIB dan Kamis (23/6) dini hari WIB dipastikan tidak akan mengganggu posisi Irlandia Utara.

Satu tim lainnya yang sudah dipastikan lolos lewat peringkat ketiga terbaik adalah Slovakia.

29 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply