Slutsky Siap Tinggalkan Posisi, Tegaskan Rusia Butuh Pelatih Baru

Slutsky Siap Tinggalkan Posisi, Tegaskan Rusia Butuh Pelatih Baru

Buruknya performa Rusia di Piala Eropa 2016 disebut pelatih Leonid Slutsky sebagai kesalahan dirinya. Ia menyebut Rusia kini harus punya pelatih baru.

Rusia, tuan rumah Piala Dunia dua tahun mendatang, menyudahi perjalanannya di Piala Eropa kali ini dengan kekalahan 0-3 dari Wales, Selasa (21/6/2016) dinihari WIB. Dengan hasil itu Rusia menutup fase grup di posisi juru kunci dengan 1 poin, setelah sebelum ini juga kalah 1-2 dari Slovakia dan berimbang 1-1 lawan Inggris.

Sejak tampil di Piala Eropa dengan bendera Rusia, ini merupakan kali kedua tim “Beruang Merah” menyudahi fase grup tanpa kemenangan. Hal itu juga terjadi pada Euro 1996 lalu (1 poin).

Hasil ini juga melanjutkan pencapaian tak mengesankan Rusia di Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu mereka tersingkir di fase grup tanpa meraih satu kemenangan pun–yang pertama dalam sejarah penampilan Rusia di sebuah putaran final Piala Dunia.

Sehubungan dengan hasil teranyar timnya, Slutsky mengaku bertanggung jawab penuh. Dengan kontrak yang memang cuma berjalan sampai akhir Piala Eropa ini, pria 45 tahun itu menyebut Rusia benar-benar perlu pelatih baru.

“Setelah sebuah turnamen seperti ini Anda butuh orang lain untuk memimpin,” ucap Slutsky seperti dikutip Sky Sports.

“Pertama-tama kami harus mengganti pelatih kepala,” lanjutnya ketika ditanya bagaimana Rusia bisa mempersiapkan diri untuk Piala Dunia di negeri sendiri dua tahun mendatang.

“Saya harus bertanggung jawab penuh. Saya sudah punya waktu untuk melakukan persiapan dan kalau kami tidak bisa sukses maka sudah pasti itu salah saya,” sebutnya.

Slutsky mulai menangani timnas Rusia pada Agustus 2015 untuk menggantikan Fabio Capello, dengan kontrak awal berjalan untuk fase kualifikasi Piala Eropa. Di tangan Slutsky, Rusia memenangi seluruh empat laga sisa kualifikasi dan ia pun lanjut menangani Igor Akinfeev cs ke putaran final–dengan perjalanan itu kini sudah berakhir di fase grup.

31 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply