Ukraina Tim Pertama Angkat Koper dari Perancis

Ukraina Tim Pertama Angkat Koper dari Perancis

Timnas Ukraina menjadi tim pertama yang tersingkir dari ajang Piala Eropa 2016 setelah dikalahkan Irlandia Utara 0-2 di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (16/6).

Kekalahan tersebut membuat Ukraina terpuruk di dasar klasemen Grup C tanpa poin dari dua laga yang sudah dijalani. Pada pertandingan pertama, Ukraina juga kalah dengan skor 0-2 dari Jerman.

Dua kekalahan membuat Ukraina dipastikan tersingkir. Hasil pada pertandingan terakhir melawan Polandia di Marseille, 21 Juni mendatang, tidak akan menyelamatkan Ukraina, bahkan untuk merebut satu tiket ke babak 16 besar lewat peringkat tiga terbaik.

Jika mampu mengalahkan Polandia di laga terakhir, dan Irlandia Utara kalah dari Jerman, Ukraina tetap berada di dasar klasemen karena kalah head-to-head.

Piala Eropa 2016 merupakan ajang putaran final Piala Eropa kedua Ukraina. Empat tahun lalu Ukraina juga tersingkir di babak grup ketika menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012 bersama Polandia.

“Jelas pertandingan melawan Irlandia Utara sangat penting, dan jelas sekarang kami tersingkir dari turnamen. Pertandingan terakhir melawan Polandia tidak akan spesial untuk turnamen, tapi untuk prestise kami,” ujar gelandang Ukraina, Taras Stepanenko, seperti dilansir situs resmi UEFA.

Sejak melakoni pertandingan internasional pertamanya pada 1992, prestasi terbaik Ukraina di turnamen besar adalah melangkah ke perempat final Piala Dunia 2006.

“Kami melakukan kesalahan besar di lapangan. Kami tidak siap secara mental. Kami akan bekerja keras untuk memenangi pertandingan terakhir. Mungkin para pemain kami terlalu takut terhadap lawan, dan meremehkan usaha yang dibutuhkan untuk menang,” ucap pelatih Ukraina, Mykhailo Fomenko.

15 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply