Kalau Buffon Pensiun, Penggantinya Sudah Ditemukan

Kalau Buffon Pensiun, Penggantinya Sudah Ditemukan

Dengan usia 38 tahun, Gianluigi Buffon masih memimpin timnas Italia berlaga di Piala Eropa 2016 sebagai kapten. Akan ada waktunya Buffon pensiun, dan Italia tak perlu khawatir soal penggantinya.

Buffon, yang ikut mengantarkan Italia menjuarai Piala Dunia 2006, pernah mengatakan bahwa ia ingin bermain sampai berusia 40 tahun. Artinya, ia masih bisa mengikuti dua turnamen besar lagi: Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Sebelum atau setelah Piala Dunia 2018, Italia bisa mulai mencari pengganti Buffon untuk dijadikan kiper nomor satu tim nasional. Namun, menurut eks kiper timnas Italia, Gianluca Pagliuca, sosok pengganti itu sudah muncul.

Yang dimaksud Pagliuca adalah Gianluigi Donnarumma, kiper AC Milan yang kini baru berusia 17 tahun. Donnarumma belum sekali pun mendapatkan cap untuk Gli Azzurri, tapi sudah memperkuat Italia di level U-15, U-17, dan U-21.

“Saya yakin, ketika Buffon gantung sepatu, penggantinya sudah ditemukan, dan itu adalah Gianluigi Donnarumma,” ujar Pagliuca kepada Sky Sports.

Bagi Pagliuca, Donnarumma mengingatkannya dengan kiper timnas Jerman saat ini, Manuel Neuer. Meski begitu, ia merasa bahwa Donnarumma punya beberapa kelebihan.

“Dia bahkan punya respons yang lebih bagus dan secara teknis lebih kuat dari kiper Jerman itu,” kata Pagliuca.

Kendati sering mendapatkan pujian di Serie A, Donnarumma belum diberi kepercayaan untuk masuk ke timnas Italia. Untuk Piala Eropa 2016, pelatih Italia, Antonio Conte, memanggil Salvatore Sirigu (Paris Saint-Germain) dan Federico Marchetti (SS Lazio) sebagai deputi Buffon.

29 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply