Manchester United, Tantangan Terbesar Mou

Manchester United, Tantangan Terbesar Mou

Berbekal segudang prestasi, Jose Mourinho tinggal sedikit lagi akan resmi menjabat sebagai manajer Manchester United. Ia memang terbiasa membawa klubnya finish di posisi tiga besar. Bahkan sepanjang sejarahnya, Mourinho tak pernah membawa klub yang ia latih finish diluar lima besar. Hal ini tentu menjanjikan bagi United. Yang sejak kepergian Sir Alex Ferguson, tak pernah sekalipun finsih di posisi tiga besar.

Berada di United berarti mengemban ekspektasi tinggi dari para fans. Hal pertama yang menjadi pr baginya adalah soal serangan. Di musim ini, Setan Merah sangat buruk dalam urusan mencetak chances created dan shots. Yang pada akhirnya berimbas pada gol yang dicetak. Hal ini jelas harus diperbaiki Mou.

Selain itu, menjadi pertanyaan besar apakah ia akan mempertahankan para pemain utama di bawah Louis Van Gaal. Meskipun sukses meraih FA Cup, para pemain yang ada tidak bermain di posisi idealnya masing-masing. Jadi tak mengherankan jika Mou harus melakukan pembangunan kembali skuad sesuai dengan yang ia mau.

Masalah pemain muda yang ada pada United, juga harus diperhatikan Mou. Sekali lagi, ia berhadapan dengan publik Old Trafford sudah terlampau sering melihat para pemain akademi Setan Merah berlaga. Apalagi hal ini sudah menjadi identitas tim. Dan susahnya, Mou sendiri tak memiliki track record yang terlalu baik jika berurusan dengan pemain muda. Meskipun tak bisa dianggap buruk juga.

Di samping itu, ia juga tak memiliki waktu untuk beradaptasi di United. Tim ini sudah terlalu lama untuk hanya melihat tim lain menggenggam gelar juara Premier League. Segera setelah kedatangannya, ia harus dihadapkan pada situasi harus menjuarai ajang ini. Tak ada kata transisi seperti biasa dilakukannya di klub-klub sebelumnya.

Semakin menantang karena ia, bersama United nanti, akan mengadapi para pelatih terbaik di Premier League. Apalagi dengan adanya Pep Guardiola, musuh terbesarnya. Selain itu, ia juga harus menghadapi kenyataan bahwa United hanya menempati peringkat keempat terfavorit untuk bisa meraih gelar ini.

Ia memang sukses di klub-klub sebelumnya. Namun, United jelas berbeda dan berada di titik tertinggi daripada klubnya terdahulu. Dengan segala yang menjadi masalah bagi The Special One di atas, jelas mengindikasikan bahwa United adalah pekerjaan terbesarnya.

34 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply