Cantona: Mourinho Tidak Cocok Tangani ManUtd

Cantona: Mourinho Tidak Cocok Tangani ManUtd

Kapten Manchester United era 1990-an, Eric Cantona, ikut angkat bicara terkait calon manajer Setan Merah, pascapemecatan Louis van Gaal.

Cantona mengomentari calon kuat ManUtd, Jose Mourinho, yang disebut-sebut bakal menggantikan Van Gaal.

“Saya suka dengan Jose Mourinho, tapi bicara soal tipe permainan di Manchester United, ia jelas tak cocok menangani klub itu,” tuturnya kepada Guardian.

Cantona memang lebih menginginkan karakter permainan agresif dan menyerang ManUtd tetap bertahan. Sedangkan di bawah Mourinho yang memiliki gaya melatih pragmatis dan oportunis, Setan Merah bisa bernasib sama dengan Chelsea yang lebih banyak bermain bertahan.

“Tapi, saya tetap suka dengan kepribadiannya (Mourinho), saya suka semangat yang ia miliki, dan suka dengan humornya.”

Bagaimana pun, Mourinho, menurutnya sebagai sosok pelatih cerdas. “Ia selalu menuntut 100 persen kerja keras para pemainnya. Dan, ia sudah memenangi sejumlah kompetisi bergengsi dengan klub yang dilatihnya,” tutur Cantona.

“Namun, saya tidak yakin ia merupakan tipe manajer yang akan menyajikan permainan di Manchester United seperti yang disukai fan, meskipun ia memenangkan pertandingan.”

Saat ditanya mengenai pelatih yang tepat untuk mantan klubnya itu, King Eric, sapaan populernya, justru menyebut nama Pep Buardiola.

Guardiola sendiri tak mungkin lagi digadang-gadang sebagai manajer Setan Merah karena sudah terlebih dahulu diikat oleh seteru mereka, Manchester City.

“Guardiola yang seharusnya didatangkan ManUtd. Ia adalah anak spritual dari Johan Cruyff,” tutur Cantona, menegaskan.

Mantan pelatih Bayern Munich itu, menurut Cantona, memang tipe yang selalu diidamkan dirinya berada di Old Trafford, jauh sebelum Guardiola merapat ke Manchester City.

“Ia (Guardiola) adalah orang yang tepat mengubah Manchester (United) Betul, ia memang kini berada di Manchester, tapi di jalur yang salah,” ungkap mantan pemain dengan ciri khas mengangkat kerah bajunya ketika tampil di lapangan.

49 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply