Gelontoran Uang adidas di Sepak Bola Tak Terkejar Nike

Gelontoran Uang adidas di Sepak Bola Tak Terkejar Nike

Perusahaan alat-alat olahraga asal Jerman, adidas, tetap menjadi penyokong dana nomor satu bagi klub-klub papan atas Eropa dan tak terkejar oleh pesaingnya asal Amerika Serikat, Nike.

Gelontoran uang dari adidas untuk Real Madrid dan Manchester United dalam bentuk kontrak kerja sama penyedia kostum tim pun membuat dua kesebelasan itu menjadi klub dengan nilai sponsor tertinggi di dunia.

Pada pertengahan 2014, MU mendapatkan kontrak US$180 juta per tahun dari adidas untuk 10 musim yang menjadikan mereka klub dengan kontrak kostum tim tertinggi di dunia.

Nilai ini baru dipecahkan Real Madrid pada awal tahun ini. Los Blancos mendapatkan kontrak US$192 juta selama 10 tahun dari perusahaan asal Jerman itu.

Dikabaran majalah bisnis Forbes, adidas mengeluarkan hingga total US$400 juta per tahun hanya untuk lima kesebelasan. Nilai ini bahkan mencapai lima kali lipat dari dana yang diberikan Nike pada tiga kesebelasan dengan kontrak kostum tim terbesar, yaitu Barcelona, Paris Saint Germain, dan Manchester City.

Untuk ketiga kesebelasan itu, Nike ‘hanya’ mengeluarkan total US$80 juta per tahun.

Selain adidas, salah satu perusahaan yang menggelontorkan uang dengan nilai mencengangkan di sepak bola adalah Chevrolet yang menjadi sponsor utama Manchester United.

The Red Devils mendapatkan US$80 juta per tahun dari pabrikan mobil asal Amerika Serikat itu, atau total US$559 juta untuk kontrak selama tujuh tahun.

Nilai ini bahkan mencapai satu setengah lipat dari kontrak sponsor utama Chelsea dengan Yokohama Rubber. Perusahaan Jepang itu menggelontorkan US$57 juta per tahun untuk The Blues.

49 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply